Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menanggapi serangan drone dan rudal Iran ke Israel yang terjadi pada Minggu (14/4) dini hari waktu Iran.

JK menyebut serangan Iran itu merupakan balasan atas tindakan Israel yang menyerang gedung kedutaan Iran di Damaskus, Suriah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Israel mengebom Gaza karena membalas, Iran menyerang karena membalas serangan Israel,” kata JK di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Senin (15/4).

JK berharap seluruh pemimpin negara di dunia menahan diri untuk menghindari meletusnya perang. Ia juga berharap konflik yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah dapat menemui titik damai.

“Itulah jangan berbuat yang tidak-tidak nanti timbul perang, mudah mudahan damailah,” jelas dia.

Sebelumnya, Angkatan Bersenjata Iran meluncurkan serangan terhadap Israel menggunakan sekitar 300 rudal dan drone ke wilayah pendudukan Israel.

Iran menyebut serangan ini sebagai tanggapan atas serangan terhadap bagian konsuler kedutaan Iran di Ibu Kota Suriah.

Mereka mengaku serangan balasan yang dilakukan menargetkan pangkalan militer tempat tentara Israel menyimpan pesawat F-35, dan bukan wilayah penduduk sipil.

Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollhian dalam konferensi pers di Teheran, Minggu (14/4), dikutip dari kantor berita Iran IRNA.

Amirabdollhian menyebut pangkalan itu merupakan asal serangan terhadap gedung kedutaan Iran di Damaskus, Suriah, awal bulan ini, yang menewaskan dua komandan militer senior dan lima petugas Iran lainnya.

(mab/fea)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *