Jakarta, CNN Indonesia

Massa dari Koalisi Musisi untuk Gaza melakukan unjuk rasa menyerukan ‘Stop Genosida Palestina’ di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Jumat sore (19/4).

Mereka mayoritas mengenakan baju berwarna hitam saat berunjuk rasa sejak pukul 15.19 WIB. Berasal berbagai usia yang membawa berbagai atribut dan bendera Palestina.

Hardingga seorang musisi yang kehilangan keluarganya pada kasus penculikan tahun 1998 menjadi pembuka. Penampilan selanjutnya diisi oleh Bella dan Chiki Fawzi dengan membawa lagu berjudul “Tanah Para Nabi”. Saat tampil, Bella Fawzi sempat meneteskan air mata.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selanjutnya dilakukan beberapa aksi kesenian seperti seni lukis menggunakan lakban bertuliskan “Free Palestine” dan gambar semangka.

Ada juga aksi lukis poster menggunakan cat air di atas kertas dengan berbagai gambar dan tulisan. Misalnya “From The River To Sea Palestine Will Be Free”, “Ceasefire now”, “Don’t Stop Talking About Palestine” dan masih banyak lagi.

Lalu aksi pembacaan puisi dilakukan oleh beberapa orang yang hadir dalam aksi. Secara umum, puisi yang mereka bacakan berisi tentang perjuangan rakyat palestina dalam melawan penjajahan bangsa Israel.

Beberapa peserta juga terlihat membagikan poster dan stiker kepada partisipan unjuk rasa. Poster dan stiker terdiri dari berbagai macam tulisan bertemakan bela Palestina, menentang aksi genosida Israel, dan menolak dukungan Amerika Serikat.

Lebih dari 200 partisipan unjuk rasa bela palestina telah berkumpul di depan gedung kedutaan besar (kedubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia sejak pukul 15.19 WIB.Massa berunjuk rasa bela Palestina di depan gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat s ejak pukul 15.19 WIB (CNN Indonesia/ Caesar)

Aksi unjuk rasa terus dilakukan dengan berbagai orasi. Beberapa slogan seperti “Amerika Setan Besar”, “Israel Musuh Tuhan”, “Palestine Will Be Free” dan lain sebagainya terus digaungkan selama orasi sedang berlangsung.

Terlihat juga beberapa musisi yang hadir seperti The Brandals, Seringai, Indische Party, The Panturas, Dongker, dan The Jansen.

Kemudian juga ada Straight Answer, Efek Rumah Kaca, Humanimal, The Safari, Tashoora, dan Kelompok Penerbang Roket.

Selain itu ada juga beberapa nama lain seperti Godplant, Melanie Subono, Rebecca Reijman, Siksa Kubur, Swellow, Mouthless, Bella & Chiki Fawzi, Ananda Badudu, Sisitipsi, Grow Rich, dan Kojek Rap Betawi.

Namun, tidak semua musisi tampil. Ada beberapa yang hanya memberikan orasi mengingat waktu yang terbatas dengan peserta yang cukup banyak.

Selanjutnya band Indische Party membawakan lagu yang membahas tentang Palestina. Musisi terakhir yang melakukan penampilan adalah The Brandals dengan membawa lagu “Suara Rumah Rakyat”.

Sebelum melakukan penampilannya Eka Annash selaku vokalis The Brandals membawa beberapa tuntutan mengatasnamakan koalisi musisi untuk Gaza.

Aksi unjuk rasa selesai pukul 17.00 WIB. Beberapa partisipan terlihat mulai membubarkan diri, namun tidak sedikit juga yang masih melakukan dokumentasi di sekitar gedung Kedubes AS untuk Indonesia.

(csp/bmw)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *