Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP mengajukan gugatan terkait salah satu caleg DPRD Kota Tarakan asal Golkar terkait dugaan pelanggaran izin peredaran alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan ke Mahkamah Konsitusi (MK).

Gugatan itu terungkap dalam lanjutan sidang sengketa Pileg di gedung MK, Kamis (2/5). PPP melalui kuasa hukumnya, Erfandi, menggugat KPU dan Bawaslu karena meloloskan caleg Golkar atas nama Erik Hendrawan Septian Putra.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Padahal, nama tersebut belum lima tahun dinyatakan bebas usai terjerat kasus tidak pidana korupsi dan kini terjerat kasus izin peredaran alkes dan obat-obatan.

“Mohon izin, bahwa saudara Erik ini, berdasar putusan dari pengadilan nomor 207 itu melakukan pelanggaran perubahan izin termasuk pengedaran alkes. Termasuk obat-obatan,” kata Erfandi dalam sidang.

Menurut Erfandi, pencalonan Erik sebagai caleg DPRD Kota Tarakan dari Dapil 1 Tarakan bermasalah. Pertama, Bawaslu telah menyatakan yang bersangkutan melakukan pelanggaran administrasi pemilu.

[Gambas:Video CNN]

Kedua, Erik juga diseut tak memenuhi syarat daftar calon tetap anggota legislatif dari Golkar pad Dapil Tarakan 1.

“Nah, 20 Maret setelah kami melaporkan ke Bawaslu dan sudah keluar keputusannya kami juga menyampaikan kepada KPU Kota Tarakan. Tapi berdasarkan keputusan KPU Kota Tarakan, nomor 87 tahun 2024 keputusan Bawaslu tidak dilaksanakan,” katanya.

Dalam petitumnya, Erfandi meminta agar KPU mencabut penetapan Erik sebagai caleg DPRD kota Tarakan terpilih. Sebagai gantinya, dia meminta agar KPU menetapkan caleg PPP atas nama Jamilah menjadi caleg terpilih DPRD Kota Tarakan.

“Memerintahkan termohon untuk menetapkan pemohon sebagai caleg terpilih dapil satu kecamatan Tarakan, Kota Tarakan dengan jumlah suara 2.289,” katanya.

“Keenam, memerintahkan KPU untuk melaksanakan putusan ini. Atau apabila mahkamah berpendapat lain mohon putusan yang seadil-adilnya,” imbuh Erfandi.

Gugatan tersebut tercatat sebagai Perkara Nomor 226-01-17-24/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024. Sementara itu, sidang dipimpin Hakim Konstitusi Arief Hidayat didampingi Hakim Konstitusi Anwar Usman dan Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih.

(thr/chri)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *